Jumat, 30 Mei 2014

TUGAS JURNAL

Posted By: RHEZZA RELYZA - 20.33

Share

& Comment

JURNAL

TUGAS JURNAL
RHEZZA RELYZA
5235120386
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Reguler 2012



PERANCANGAN DAN PEMBUATAN WEBSITE SUMBER BELAJAR VIRTUAL UNTUK STANDAR KOMPETENSI MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI JOOMLA.

Drs Irzan Zakir ,M.Pd
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Indra Herdian
Alumni Angkatan 2011 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro

Abstrak
Penelitian bertujuan untuk membuat website sumber belajar virtual untuk standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga. Penelitian dilakukan di SMKN 5 Jakarta Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji kelayakan produk oleh ahli media dan dosen ahli media. Hasil pengujian oleh siswa untuk aspek tampilan, aspek materi isi, penilaian video praktik dan soal interaktif. Dari hasil penelitian dan hasil pengujian oleh siswa, keduanya memperoleh skor rata-rata yang menunjukkan kualitas website sumber belajar virtual sangat baik.
Kata Kunci : Website, Sumber belajar virtual.
Abstract
The research aims to create a virtual learning resource website for standard household appliances care’s competency. The study was conducted in SMKN 5 Jakarta for Electric Power Installation Engineering Program expertise. The results based on the results of product feasibility test by media experts and media expert lecturers. The test results by students to aspects of appearance, the material aspect of the content, assessment practices and about the interactive video. From the results of research and the results of testing the students ,both received an average score that indicates the quality of virtual learning resource website is very good .
Key word : website, virtual learning resource
Pendahuluan
                Dunia pendidikan saat ini tengah menghadapi tantangan cepatnya arus globalisasi. Hal inimenunutut dunia pendidikan agar dapat mendorong dan mengupayakan peningkatan kemampuan dasar untuk menjadi individu unggul dan memiliki daya saing yang kuat secara tepat. Adanya isu sentral, yakni rendahnya mutu kualitas dan relevansi pendidikan membuat lembaga pendidikan, seperti sekolah, dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Dengan atau tanpa guru pun, pembelajaran diharapkan tetap dapat dilaksanakan karena adanya sumber belajar yang lain. Dalam arti luas, sumber belajar (learning resources) adalah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar hanya mungkin terjadi ada interaksi antara siswa dengan sumber-sumber.
               
Berdasarkan uraian di atas, dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut:
1    Apakah sumber belajar yang baik sangat diperlukan untuk meningkatkan kemandirian siswa?
2    Bagaimana merancang dan membuat website sumber belajar virtual menggunakan aplikasi joomla?
3  Dapatkah website sumber belajar virtual tersebut dikembangkan dan diperbaharui sesuai dengan kurikulum kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik?
Dari berbagai permasalahan yang telah diidentifikasi diatas, penulis membatasi pemasalahan pada hal-hal yang berkenan dengan perancangan dan pembuatan sumber belajar virtual standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik dengan menggunakan aplikasi  Joomla. Berdasarkan pembatasan masalah di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:  “Bagaimana merancang dan membuat website sumber belajar virtual untuk standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik dengan menggunakan aplikasi Joomla?”. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat website sumber belajar virtual untuk standar kompetensi perawatan alat rumah tangga listrik yang berbasis internet dengan menggunakan aplikasi Joomla.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Dwiyogo dalam Walpodo, mengemukakan tiga hal yang harus dilakukan dalam penelitian pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan, mengembangkan produk, dan menguji coba produk. Evaluasi konteks mencakup analisis masalah yang berkaitan dengan linglungan program atau kondisi objektif yang dilaksanakan. Berisi tentang analisis kekuatan dan kelemahan objek tertentu. Evaluasi input meliputi analisis personal yang berhubungan dengan bagaimana penggunaan sumber-sumber yang tersedia, alternatif-alternatif strategi yang harus dipertimbangkan untuk mencapai suatu program. Evaluasi proses merupakan evaluasi yang dirancang dan diaplikasikan dalam praktik implementasi kegiatan. Termasuk mengidentifikasi permasalahan prosedur baik tatalaksana kejadian dan aktifitas. Evaluasi produk adalah evaluasi mengukur keberhasilan pencapaian tujuan. Evaluasi ini merupakan catatan pencapaian hasil dan keputusan-keputusan untuk perbaikan dan aktualisasi. Aktivitas evaluasi produk adalah mengukur dan menafsirkan hasil yang telah dcapai. Penukuran dikembangkan dan di administrasikan secara cermat dan teliti.
Uji coba produk dilakukan guna mengetahui kelayakan produk yang dibuat dan dikembangkan. Uji coba produk dengan menggunakan metode evaluasi CIPP (context-input-process-product). Keunikan metode evaluasi CIPP adalah pada setiap tipe evaluasi terkait pada perangkat pengambil keputusan (decission) yang menyangkut perencanaan dan operasional sebuah program. Keunggulan model CIPP memberikan suatu format evaluasi yang komprehensif pada setiap tahapan evaluasi yaitu tahap konteks, masukan, proses, dan produk.




HASIL
Hasil uji produk dari ahli media dapat dilihat pada Tabel.
No.
MUTU PELAJARAN
AHLI 1
AHLI 2
AHLI 3
1
Tampilan yang dibuat sesuai dengan estetika pendidikan
4
4
5
2
Penyampaian informasi melalui bahasa visual
4
4
4
3
Program ini mempunyai navigasi program yang baik
4
4
4
4
Tombol navigasi yang dibuat sudah ssuai dengan fungsinya
5
4
5
5
Fasilitas pencarian pada website sumber belajar virtual
4
4
5
6
Materi yang ditampilkan mudah dipahami
4
4
5
7
Jenis dan ukuran huruf yang digunakan pada materi
4
3
4
8
Penilaian video praktek perawatan alat listrik rumwh tangga
4
3
4
9
Video praktek perawatan alat listrik rumah tangga dapat tampil dengan baik
5
4
4
10
Kejelasan suara pada video praktik perawatan alat listrik rumah tangga
4
5
4
11
Soal online yang ditampilkan mudah dipahami
4
5
4
12
Jenis dan ukuran huruf yang digunakan pada soal online
4
2
5
Jumlah
50
46
53
Skor Maksimum
60
60
60
Perhitungan = {(50+46+53):180} x 100% = 82,8 %
Kesimpulan Penilaian Produk oleh Ahli Materi adalah Sangat Baik

Dalam melakukan uji produk yang telah dilakukan oleh ahli media menunjukan bahwa dari aspek tampilan, penyampaian informasi, navigasi program, fasilitas pencarian, kontan materi, video praktek, dan soal interaktif, memiliki nilai skor rata-rata 82,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penilaian oleh ahli media website sumber belajar virtual ini dinyatakan sangat baik.

Hasil uji produk dari ahli materi dapat dilihat pada Tabel.
No.
MUTU PELAJARAN
AHLI 1
AHLI 2
AHLI 3
1
Website sumber belajar virtual dapat mencapai kompetensi dasar yang ada pada silabus
5
4
5
2
Website sumber belajar virtual sudah mampu menyampaikan informasi melalui bahasa visual
4
4
5
3
Website sumber belajar virtual dapat memberikan motivasi belajar bagi siswa
4
4
4
4
Kesesuaian materi dengan standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik
4
4
4
5
Kelengkapan materi standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga?
3
4
4
6
Materi yang ditampilkan mudah dipahami oleh siswa SMK
4
5
5
7
Materi yang disampaikan relevan digunakan oleh siswa SMK
4
5
4
8
Penyajian bahasa yang digunakan dapat dimengerti oleh siswa
4
5
5
9
Gambar yang digunakan pada materi sudah sesuai
4
4
4
10
Video prakrik perawatan sudah sesuai
4
4
5
11
Video praktik yang ada mampu menyampaikan informasi melalui bahsa verbal dan visual
3
4
4
12
Soal online yang dibuat sesuai dengan standar kompetensi
4
4
4
13
Tingkat kesulitan pada soal online sudah sesuai dengan tingkatan siswa SMK
3
3
5
14
Soal online yang dibuat sudah mampu memberikan umpan balik kepada siswa
3
3
3
Jumlah
53
57
71
Skor Maksimum
70
70
70
Perhitungan = {(53+57+61):210} x 100% = 81,4 %
Kesimpulan Penilaian Produk oleh Ahli Materi adalah Sangat Baik

                Hasil yang diperoleh dari uji produk yang telah dilakukan oleh ahli materi menunjukan bahwa dari aspek capaian kompetensi dasar, kualitas isi materi, penggunaan bahasa, penggunaan gambar, kualitas gambar, kualitas video praktik, dan kualitas soal interaktif, memiliki nilai skor rata-rata 81,4%. Oleh karena itu, penilaian kualitas produk oleh ahli materi dinyatakan sangat baik.

Indikator
Item Pernyataan
STS
TS
RG
S
SS
Mean
Tampilan
Warna Latar Baik

10%
20%
43%
27%
3,9
Gambar pada website sesuai

13%
13%
43%
30%
3,9
Jenis huruf pada website tepat


27%
50%
23%
4,0
Ukuran huruf pada website tepat


10%
40%
50%
4,4
Animasi pada website menarik


7%
50%
43%
4,4
Tampilan website menarik

7%
20%
43%
30%
4,0
Interaktifitas
Tombol navigasi baik


30%
53%
17%
3,9
Fasilitas buku tamu tepat


30%
50%
20%
3,9
Fungsi penterjemah baik


43%
47%
10%
3,7
Fungsi pencairan baik


7%
20%
73%
4,7
Materi Pelajaran
Penjelasan konsep dan teori

7%
23%
37%
33%
4,0
Pembagian materi tepat


17%
47%
37%
4,2
Struktur isi materi tepat


23%
60%
17%
3,9
Gambar pada materi tepat


23%
67%
10%
3,9
Materi mudah dikuasai


33%
37%
30%
4,0
Video Praktik
Video dengan materi sesuai


30%
50%
20%
3,9
Gambar pada video jelas


17%
50%
33%
4,2
Suara pada video jelas


30%
37%
33%
4,0
Soal Interaktif
Soal interaktif sesuai materi


27%
53%
20%
3,9
Warna pada soal tepat


30%
47%
23%
3,9
Jenis huruf pada soal tepat


33%
47%
20%
3,9
Keterangan:
STS = Sangat Tidak Setuju     TS           = Tidak Setuju
RG  = Ragu – ragu                     S              = Setuju
SS   = Sangat Setuju
Berdasarkan data analisis di atas, dapat sipaparkan bahwa lebih dari 70% dari responden menjawab setuju dan sangat setuju terhadap aspek tampilan yang meliputi warna latar yang baik, gambar pada website sesuai, jenis huruf tepat, ukuran huru tepat, animasi menarik, dan tampilan website menarik. Penilaian tampilan website secara keseluruhan bisa didapatkan skor rata – rata 4,1 atau sangat baik.
PEMBAHASAN
                Dari data analisis di atas  juga di dapatkan 70% dari responden menyatakan setuju terhadap tombol navigasi yang baik dan fungsi buku tamu yang baik dan fungsi buku tamu yang tepat pada website sumber belajar virtual tersebut. Hanya 67% responden yang menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap fungsu penterjemah sudah baik. Hal ini karena fasilitas penerjemah memang tidak terlalu berkaitan dengan aktifitas belajar siswa. Namun 93% dari responden menyatakan sangat setuju terhadap fungsi pencairan yang sudah baik. Hal ini karena fungsi pencairan yang terdapat pada website sumber belajar virtual sangat membantu mereka dalam mencari suatu materi hanya berdasarkan kata kunci yang dimiliki dengan cepat. Secara keseluruhan dari analisis data maka untuk skor rata-rata penilaian website sumber belajar virtual dari aspek interaktifitas mendapat nilai 4,1 yang artinya sangat baik. Selanjutnya berdasarkan data, 70% responden menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap penjelasan konsep dan teori serta pembagian materi yang tepat berdasarkan jenisnya yang memudahkan siswa dalam belajar.
KESIMPULAN
                Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan sebelumnya, didapat bahwa website sumber belajar virtual untuk standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik bisa dijadikan sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa SMK khususnya siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik.
                Pada pelaksanaan uji kelayakan produk yang telah dilakukan oleh ahli media didapatkan bahwa aspek tampilan, penyampaian iformasi, navigasi program, fasilitas pencarian, kontan materi, video materi, video praktik, dan soal interaktif, memiliki skor rata-rata 82,8%. Nilai skor 82,8% menunjukan berdasarkan penilaian oleh ahli media website sumber belajar virtual untuk standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik dinyatakan sangat baik.
                Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan produk yang telah dilakukan oleh ahli materi menunjukan bahwa dari aspek capaian kompetensi dasar, kualitas isi materi, penggunaan bahasa, penggunaan gambar, kualitas video praktek, dan  kualitas soal interaktif, memiliki nilai skor rata-rata 81,4%. Hal ini memperlihatkan kualitas matyeri isi yang terdapat pada website sumber belajar virtual yang sangat baik dan sudah sesuai dengan kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik.
                Selanjutnya dari data uji kelayakan website sumber belajar virtual yang dilakukan oleh responden yang terdiri dari 30 siswa kelas X jurusan Listrik SMKN 5 didapatkan nilai skor rata-rata sebesar 4,0 yang artinya baik.

SARAN
                Ada beberapa saran yang dapat penulis sampaikan, diantaranya adalah
1.       Penggunaan sumber belajar selain guru sebaiknya ditingkatkan guna mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan, terutama untuk Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki orientasi kelulusan yang siap bersaing di dunia industri
2.       Pihak sekolah harus berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pedidikan. Oleh karena itu, diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan prasarana pendidikan.
3.       Guru sebagai sumber belajar utama harus mampu menciptakan media pendidikan yang lebih inovatif yang dapat mendorong siswa mau belajar secara optimal.
4.       Guru dapat menggunakan website sumber belajar virtual untuk standar kompetensi merawat peralatan rumah tangga listrik dalam pembelajaran dalam kelas.

DAFTAR PUSTAKA
Angkowo, R dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan MenengahNomor: 251/C/KEP/MN/2008 tentang Penetapan Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
Kurniawan, Rulianto. 2009. Menbangun Media Ajar Online Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom
Meissa, Inra. 2009. Bikin Website Asik Ala Joomla. Jakarta: Gagasmedia
Riduwan. 2006. Penelitian Untuk Guru, Karyawan  dan Penneliti Muda. Bandung: Alfabeta
Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sadiman, Arif et al. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa
Waldopo. 2002. Penelitian Pengembangan: Pendekatan dalam Mengembangkan Produk-Produk di Bidang Pendidikan. Vol 4. Jurnal Teknodik
Winkel, WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Wiryawan, Sri Anitah, Suwarni Sukirno, dan Suyatmi. 1995. Proses Belajar Mengajar. Universitas Terbuka.

About RHEZZA RELYZA

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 My Zone

Designed by Templatezy